Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari tahu tentang BIOS anda untuk pengalaman terbaik !

Gambar vektor ilustrasi laptop
Sumber gambar : Pixabay

Komputer menjadi hal dasar saat ini dalam berbagai proses yang memerlukan pengolah tulisan, gambar, video, dan hiburan. Apalagi saat pandemi saat ini, banyak orang yang memilih bekerja dari rumah. Keperluan gadget untuk membantunya bekerja, menjadi hal yang sudah tidak dapat ditunda. Kemajuan teknologi dalam perkembangan hardware dan software-nya menjadi sangat cepat dan canggih. Apalagi saat ini SSD sudah menjadi hal yang wajib untuk kenyaman dan kecepatan dalam hal media penyimpan serta mulai meninggalkan harddisk karena beberapa resiko terlebih untuk anda yang selalu mobile karena tidak tahan terhadap goncangan. Ketika menyalakan PC Desktop atau Laptop pasti mengenal Basic Input Output System (BIOS), sebelum logo sistem operasi seperti windows atau keluarga linux muncul, maka proses booting atau loading awal akan masuk ke BIOS. 

Sebuah software dasar yang digunakan sebagai perantara (interface) dalam komputer disebut juga dengan firmware. Artinya digunakan sebagai penghubung antara hardware dengan OS (Operating System) dalam bahasa indonesia dikenal dengan istilah Sistem Operasi. BIOS juga berfungsi untuk menyimpan pengaturan pada komputer, ketika booting BIOS akan mengkonfigurasi pengaturan yang sudah disimpan didalam BIOS. Jika disebut Legacy BIOS , maka artinya produk dengan standar teknologi lama dimana pertama kaali dikenalkan oleh IBM tahun 1975. Mungkin masih ada yang menggunakannya apalagi komputer lama masih menggunakan namun sudah tidak memadai lagi dengan teknologi baru saat ini yang mengalami perkembangan cukup pesat.

Apa itu UEFI ?

Kemajuan teknologi yang sangat pesat ini menjadikan komponen software yang terdapat di dalam sebuah sistem komputer menjadi canggih, maka teknologi BIOS dikembangkan sekitar pertengahan 1990 dengan sebutan EFI. Disaat itu bersamaan dengan komputer server Intel-HP Itanium sebagai pelopor lahirnya EFI. Dua perusahaan besar yang mengerjakan proyek tersebut yaitu Intel dan HP. Dengan perkembangan yang lebih jauh mengenai masalah spesifikasi dan fitur sehingga dapat dipakai di semua platform hardware komputer saat ini. EFI (v1.x) disempurnakan menjadi EFI (v2.x) atau dikenal dengan UEFI kepanjangannya adalah Unified Extensible Firmware Interface. Sebuah format baru BIOS yang diseragamkan sehingga dapat digunakan oleh platform hardware lainnya. 

Dilain sisi lain pada teknologi hardware, kapasitas storage / media penyimpanan besar dipasarkan pada komputer dan laptop. Kemampuan BIOS legacy sudah tidak mampu mendukung lagi dan karena tuntutan perkembangan teknologi terutama platform server. Maka UEFI ini mulai digunakan untuk menggantikan Lecgacy BIOS selain pada server juga pada motherboard PC serta notebook terbaru. 

Alasan mengapa UEFI ini digunakan adalah karena memiliki kelebihan seperti dukungan format GPT harddrive, kemampuan booting dari harddrive dengan kapasitas besar. Format GPT (GUID Partition Table) adalah teknologi format baru yang digunakan pada harddrive dengan kapasitas lebih dari 2 terabytes. Teknologi terdahulunya adalah format MBR yang digunakan untuk menyimpan boot code dan table partisi pada harddrive maupun media penyimpan. Kelemahan format MBR ialah hanya mampu digunakan untuk sistem booting dengan kapasitas maksimal 2 TB. Dengan format GPT maka sistem komputer dengan kapasitas diatas 2 TB dapat diatasi. Sebagai firmware yang digunakan mengontrol kerja dan performa harddrive tersebut. Selain itu fitur bahasa pemrograman yang dipakai dan kecanggihan dalam pengontrolan hardware komputer, tampilan, kapasitas dan bit code juga lebih baik dari pada versi BIOS biasa.

Jadi perkembangan teknologi yang sangat cepat ini membuat semua platform komputer akan mulai menggunakan UEFI firmware dibanding dengan legacy BIOS. Saat ini produsen sudah mulai menggunakan UEFI sebagai BIOS yang akan dipasang pada semua laptop dan PC. Apalagi dengan sistem operasi baru akan lebih baik bila disandingkan dengan UEFI karena penggunaan aplikasi dan data saat ini bisa mencapai lebih 2 TB apalagi anda seorang gamers dan content creator yang jelas membutuhkan alokasi ruang media penyimpanan yang besar .

Posting Komentar untuk "Cari tahu tentang BIOS anda untuk pengalaman terbaik !"