Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Backup Data di Gadget anda

Contoh media penyimpan external untuk backup data gadget kita
Sumber gambar : Pixabay
Dalam kehidupan sehari-hari kita saat zaman seperti ini banyak dari kita tidak akan terlepas dari gadget. Bahkan mulai dari kita bangun tidur pagi hingga akan tidur lagi kebanyakan dari kita selalu menggunakan gadget. Mulai dari smartphone yang menjadi sebuah kebutuhan dalam berkomunikasi. Hingga saat pandemi ini dimanfaatkan oleh siswa hingga mahasiswa dalam proses pembelajaran jarak jauh. Banyak sekali dalam mengerjakan tugas-tugas dari guru maupun dosen. Mulai dari hanya menulis, membuat video, dan lain sebagainya lama kelamaan memori smartphone akan penuh juga. Maka dari itu kita perlu memindahkan ke sebuah media penyimpanan yang lebih besar. Begitu juga bila kita menggunakan Tablet, PC, dan Laptop akan begitu juga lama kelamaan akan penuh memori internalnya.


Perlunya media penyimpanan eksternal patut kita pertimbangkan untuk mencadangkan data penting kita. Seperti halnya dulu menyimpan arsip sehingga saat dibutuhkan kembali bisa kita cari dan gunakan dengan mudah. Dalam perkembangan teknologi yang pesat ini arsip yang berlembar-lembar misalnya bisa kita scan dan dijadikan data digital didalam gadget kita. Supaya tidak menjadi penuh dikemudian hari, bisa kita simpan menggunakan beberapa media penyimpan atau storage. Berikut 2 macam media penyimpanan apa saja yang bisa dengan mudah kita manfaatkan mari baca hingga selesai.

Berikut 2 macam media penyimpan atau storage yang bisa kita pakai untuk backup data Smartphone, Tablet, PC dan Laptop. 

1. Media Penyimpanan Offline / Offline Storage


Media penyimpanan ini tidak memerlukan jaringan internet dan untuk gadget yang telah ada koneksi USB (Universal Serial Bus) pasti bisa dengan mudah dalam prosesnya dan tentu saja lintas platform. Untuk smartphone sudah dilengkapi dengan teknologi USB OTG (On The Go) anda bisa langsung sambungkan ke microUSB atau USB type C yang ada di smartphone anda. USB OTG bukan hanya digunakan untuk Flashdisk melulu, melainkan juga dapat digunakan pada HDD atau SSD Eksternal seperti pada gambar. Kemudian tinggal buka di aplikasi manager data di smartphone anda pilih apa saja yang ingin di backup, tunggu hingga selesai. Selain untuk menyimpan data, memindahkan file dari smartphone ke media penyimpanan eksternal juga dapat mempercepat proses loading data smartphone. Karena salah satu penyebab smartphone menjadi lambat karena terlalu banyak data yang diproses dan kurangnya ruang. Atau anda bisa juga dengan cara menyambungkan smartphone anda ke PC atau Laptop kemudian anda backup ke HDD atau SSD. Memang terlihat lebih ribet karena harus banyak pasang sana sini. Namun lebih nyaman karena lebih leluasa dengan layar yang lebih lebar sehingga proses menata data kita daripada kita menggunakan smartphone tergantung sudut pandang lokasi kondisi dan kepraktisan saja.

2. Media Penyimpan Online / Cloud Storage

Pada dasarnya cloud storage adalah suatu media penyimpanan online dengan data bersifat virtual. Yaitu data di gadget diupload ke layanan media penyimpanan online kemudian anda bisa akses data tersebut lintas platform yaitu menggunakan Tablet, PC/Laptop, dan Smartphone baik Android maupun iOS. Terdapat banyak layanan media penyimpanan online yang bisa anda pakai dari yang gratis hingga yang berbayar. Sistem layanan ini sangat canggih dengan analogi sederhananya adalah penyedia menyediakan server yang dilengkapi dengan database dan jaringan internet, kemudian disimpan dan disalin sehingga sewaktu-waktu dapat anda akses. Selain itu ada beberapa yang menggunakan sistem redundancy yaitu menyimpan data yang sama di beberapa server dengan power supply yang berbeda. Sehingga saat adanya perawatan atau maintenance layanan kepada klien tidak terganggu.

Kesimpulan 

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing dari beberapa jenis media penyimpanan untuk backup data di gadget anda. Apabila anda menggunakan media penyimpanan offline seperti dengan Flashdisk Drive, Harddisk Drive, Solid State Drive, dan lainnya memiliki kelebihan di sistem keamanan. Sistem keamanan yang simpel dan lebih baik karena hanya orang yang memiliki akses ke media tersebut yang dapat membaca, menulis, mengubah dan menghapus data tersebut. Selain itu tidak ada biaya tambahan untuk perawatan karena semua anda yang menjaga. Berbeda lagi dengan media penyimpanan online seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan lain sebagainya selama akun anda tidak dikatahui orang lain, maka data yang ada akan aman. Tetapi untuk akun yang gratis akan memiliki ruang yang terbatas dan disetiap penyedia layanan akan berbeda. Bagi akun premium akan dikenakan biaya lebih karena keamanan dan ruang yang lebih besar tentunya daripada yang gratis. 

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Backup Data di Gadget anda"