Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Tips Setelah Membeli HP Baru

Tips setelah membeli HP baru
Sumber gambar : Pixabay 

Tidak bisa dipungkiri zaman saat pandemi saat ini banyak menggunakan teknologi smartphone. Selain mudah dibawa juga memiliki kelebihan yang sangat banyak dengan segudang manfaat. Mulai pembelajaran jarak jauh yang jelas tetap berjalan untuk mencerdaskan kehidupan generasi muda. Banyak gadget yang mulai meramaikan pasar dengan beragam segmen untuk membidik pasar. Beberapa hari lalu generasi iPhone 12 terbaru telah launching, berikutnya dari kubu Android Xiaomi telah memunculkan smartphone dengan harga dibawah iPhone namun dengan segudang kemampuan lainnya. Itu hanya contoh bukan untuk membahas produk terbaru dari ekosistem tertutup Apple vs ekosistem terbuka Android milik Google. Tak hanya produsen smartphone saja penyedia layanan internet juga ikut mendukung kelancaran jaringan data dan Indonesia tengah bersiap untuk menggunakan teknologi 5G. 

Banyaknya pilihan dalam membeli smartphone baru akan sangat beragam segmen dimana kemampuan budget dan penyesuaian kebutuhan anda. Setelah anda membelinya maka beberapa hal yang harus anda lakukan untuk mendukung kelancaran dan menghindari masalah dikemudian hari.

Beberapa hal pertama yang harus kamu lakukan setelah membeli HP Baru

1. Matikan dan isi daya

Dengan mematikan dan isi daya sampai penuh 100 persen akan mengetes apakah komponen dan baterai sudah aman dan normal. Apabila ada ketidak normalan misalnya tidak mau 100 persen atau malah turun maka ada yang tidak normal. Kemungkinan contoh diatas adalah terdapat masalah hardware. 

2. Klaim Garansi

Apabila ada kejanggalan dalam pemakaian yang wajar seperti, jangan ragu untuk mengklaim garansi apabila ada kerusakan terlebih kerusakan cacat pabrik baik hardware maupun software. Sebelumnya tanyakan dulu apakah ada garansi toko anda membeli biasanya paling lama 1 bulan, selebihnya maka klaim garansi distributor dan garansi resmi dari produsen. 

3. Pasang SIM CARD dan Aplikasi Data Plan

Belilah SIM Card yang menurut anda memiliki jangkauan yang luas dan sinyal yang terbaik di sekitar anda dan cari tahu juga untuk rencana penggunaan data. Jangan sampai anda beli sim card yang terjangkau tapi sinyal kurang baik karena HP anda akan menjadi kurang berguna, meskipun mahal. Aplikasi data plan juga supaya kuota yang anda beli sesuai dengan yang anda butuhkan.

4. Masukkan akun  

Segera koneksikan dengan akun anda apabila Android dengan akun Google sedangkan iOS dengan akun Apple iCloud. Dengan begitu smartphone anda akan lebih aman misalnya untuk melacak dimana smartphone anda, seperti dukungan software baru, dan lainnya.  

5. Mengatur Password

Mengatur kata sandi dan layar kunci merupakan suatu keamanan untuk melindungi data privasi anda di Smartphone. Untuk membatasi siapa saja yang menggunakannya jangan lupa gunakan password yang rumit namun selalu anda ingat.

6. Install Aplikasi

Mengisi smartphone dengan aplikasi yang dibutuhkan bukan yang diinginkan, karena selain menjaga supaya media penyimpan tidak penuh juga supaya tidak banyak aplikasi yang berjalan di background sehingga banyak menguras baterai dan jaringan data. Pastikan selalu install dari sumber yang aman seperti Android dengan Google Play dan iOS dengan App Store untuk mengurangi resiko banyaknya malware yang menyusup didalam aplikasi guna mengamankan data privasi anda. Beberapa waktu lalu Google juga menghapus beberapa Aplikasi yang telah dipasangi malware guna mengamankan pengguna.

7. Update Firmware

Selalu update firmware jika ada pembaruan perangkat lunak selain untuk memperbaiki bug (celah sistem) juga untuk memperbaiki kekurangan dari sistem sebelumnya. Gunakan update resmi ya bagi pemula untuk menghindari tidak kompatibelnya sistem dengan smartphone itu sendiri 

Sekian untuk tips setelah memebeli HP baru selalu gunakan yang asli bawaan pabrik supaya lebih awet, semoga panduan ini berguna dan apabila ada yang kurang bisa diisi di komentar untuk selanjutnya bisa lebih baik lagi.

Posting Komentar untuk "Beberapa Tips Setelah Membeli HP Baru"